Serial Fotografi: Anda Cukup Bawa Kepala

Hadirnya tehnologi fotografi digital, membuat lompatan yang jauh dalam penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Kemudahan-kemudahan yang disajikan, membuat urusan potret memotret ini menjadi mudah dan cepat, dengan hasil tak perlu di sangsikan lagi. Asal kita memakai perlatannya dengan benar sesuai aturan pakainya.

Lompatan besar yang kita dapatkan itu disamping tehnologinya, juga semakin minimnya biaya yang di keluarkan untuk mendapatkan sebuah foto. Apakah itu untuk keperluan pribadi, keluarga maupun bisnis.

Dulu, untuk mendapatkan sebuah foto, kita harus membeli film negatif yang masih kosong. Setelah melakukan pemotretan, kita harus memproses film itu dulu di laboratorium. Setelah film selesai di proses, kita juga belum bisa menikmati hasil pemotretan itu. Karena film yang baru selesai di “cuci” itu belum sepenuhnya bisa dilihat. Masih terdapat satu proses lagi yang harus kita jalani, yaitu; mencetak film itu pada kertas foto, yang hanya juga bisa dilakukan di laboratorium cetak foto. Sudah berapa banyak biaya yang di keluarkan, untuk mendapatkan selembar foto?

Kini dengan tehnologi digital, minimal dua langkah pertama sudah dapat kita abaikan. Film dan biaya proses pencucian. Kita cukup membeli sebuah kartu memori, apakah itu berbentuk SD Card atau CF Card. Kartu memori ini dapat kita pakai berulang kali, dengan melalui proses format ulang atau menghapus data foto yang ada di dalamnya, bila isinya telah penuh. Tentu sebelumnya kita harus menyalin foto-foto itu dulu ke komputer atau ke media lain, seperti CD/DVD Room atau Flashdisk.

Keuntungan lain yang kita dapatkan dari fotografi digital ini adalah, kemudahan dalam hal montase atau editing. Bila kita masih memakai film seluloid, untuk melakukan editing foto, kita lebih dulu harus melakukan pemindaian (scanning) dengan alat pemindai (scanner), barulah foto kita dapat di olah atau di edit dengan komputer memakai program pengolah foto, seperti Photoshop. Namun satu hal yang harus disadari adalah, hasil pemindaian itu ada kemungkinan berbeda dengan foto aslinya, seperti tingkat kecerahan warna, kontras maupun ketajaman.

Sementara hasil pemotretan dengan kamera digital dapat langsung di olah di komputer, cukup dengan menyalin foto dari kamera ke komputer melalui kabel USB, atau dengan bantuan alat pembaca kartu memori (card reader). Hasil penyalinan dari kamera atau kartu memori ini tidak akan merubah hasil pemotretan kita, dari segi warna, kontras atau ketajaman.

Keuntungan lain fotgrafi digital adalah kecepatan proses pekerjaan. Karena semakin pendeknya alur pekerjaan yang harus dilalui, maka dengan sendirinya waktu kerjanyapun semakin singkat. Kalau selama ini untuk mendapatkan hasil pemotretan studio foto akan memakan waktu sekitar satu jam, maka sekarang waktu yang di butuhkan bisa hanya sekitar 15 menit atau paling lama setengah jam. Tergantung proses editing yang di lakukan, misalnya memperhalus wajah atau menghilangkan jerawat.

Bila terburu-buru sekalipun, sehingga tidak sempat mengganti pakaian. Misalnya mengganti kaos dengan kemeja, atau memakai jas lengkap untuk foto formal. Banyak studio foto yang sudah menyiapkan pakaian lengkap di komputer mereka, seperti foto pendukung tulisan ini. Jadi anda cukup hanya “membawa kepala” ke studio, selanjutnya, serahkan pada ahlinya.... kata sebuah iklan

Hasil editing sebuah pasfoto.
Anda cukup memotret bagian kepala, pakaiannya silahkan pilih sendiri


1 komentar: